Tips Menghasilkan Online Learning dalam Pembelajaran dengan Baik

Josua Manurung 2022-01-28

Didalam masa COVID-19 begini, banyak sekolah dan universitas mengumumkan bahwa mereka akan beralih ke pembelajaran hanya melalui online learning. Semua guru sibuk bekerja untuk memindahkan pelajaran tatap muka secara tradisional menjadi metode pembelajaran tatap muka secara virtual. Pengajar dan lembaga pendidikan membutuhkan waktu yang tidak sedikit untuk merancang pembelajaran online yang efektif untuk pelajar. Namun, saat ini Anda dapat melakukannya dengan cara yang lebih ringkas dengan menggunakan platform LMS yang dapat membantu aktivitas pembelajaran Anda.

Baca Juga: Apa Keuntungan Menggunakan Video Conference bagi Perusahaan?

Berikut tips untuk membuat metode pembelajaran online Anda menjadi lebih baik.

1. Rekam materi pelajaran untuk sekolah/kuliah

Jika siswa tidak sehat atau kesulitan dengan akses internet, mereka akan melewatkan kuliah yang disiarkan langsung melalui streaming. Untuk itu, sebaiknya Anda membuat metode pembelajaran dengan merekam video dan mengirimkan ke siswa, sehingga mereka dapat menonton di waktu mereka sendiri.

2. Tunjukkan wajah Anda ketika merekam video

Penelitian telah menunjukkan bahwa video yang menampilkan wajah pengajar dalam metode pembelajaran online akan lebih efektif daripada tayangan slide sederhana yang dinarasikan. Selingi slide Anda dengan video yang menunjukkan diri Anda sama seperti saat menerangkan pelajaran di dalam kelas.

3. Buat video pendek

Video yang berdurasi lebih dari 15 menit dapat menyebabkan masalah pengunduhan yang lambat dan gangguan bagi para pelajar. Jika Anda ingin berbicara lebih banyak, rekam dua atau tiga video pendek yang semuanya tidak perlu digabungkan dalam satu video melainkan tetap dalam 3 video. Ini akan jauh lebih efektif untuk membuat pelajar lebih betah dalam melihat video pembelajaran yang Anda buat

4. Uji slide

Pastikan Anda menguji slide pada smartphone sebelum merekam materi sekolah/kuliah Anda. Hal ini untuk memastikan agar semua teks dapat dibaca di layar yang lebih kecil. Ukuran font, warna, desain template, dan rasio layar dapat diperiksa ulang.

5. Sediakan aktivitas interaktif

Sebagian besar sistem manajemen pembelajaran mencakup berbagai fungsi untuk membuat aktivitas pembelajaran interaktif seperti kuis. Panduan langkah demi langkah untuk membuat kuis juga tersedia pada bagian panduan penggunaan sistem LMS. Manfaatkan hal ini untuk meningkatkan interaksi pelajar dan pengajar agar menghasilkan pembelajaran yang maksimal.

Jadi, salah satu LMS produk lokal yang mempunyai fitur yang ada diatas adalah OrangT. Segera kunjungi website kami untuk mengetahui fitur-fitur OrangT lebih lengkap.

(Dikutiip dari berbagai sumber)




Search News & Event


Search

LIST NEWS & EVENT