Pentingnya Knowledge Sharing bagi Perusahaan

Josua Manurung 2021-12-22

Pentingnya knowledge sharing bagi perusahaan-knowledge sharing adalah hal yang bisa dibilang penting meski sifatnya tidak resmi atau non formal. Hal ini dikarenakan berbagi ilmu bisa dilakukan kapan saja tanpa harus menunggu kebutuhan atau kondisi tertentu. Dalam aktivitas ini, ilmu yang dibagikan pada satu sama lain pun tidak terbatas karena bisa mencakup keseluruhan informasi secara umum. Bahkan bisa juga karyawan bertukar pikiran tanpa harus membicarakan perihal bisnis atau pekerjaan. Misalnya, tentang pengembangan diri dari luar atau informasi apapun yang akan menambah kapasitas wawasan mereka.

Nah, meski sifatnya non formal, knowledge sharing bukanlah hal yang bisa dianggap remeh. Hal ini karena bisa memudahkan karyawan berinteraksi saat kerja, terutama dalam hal berbagi pengalaman dan masalah pekerjaan masing–masing.

Lewat cara inilah, para karyawan akan memahami job description-nya masing-masing dan saling bertukar pendapat terkait pekerjaan mereka. Tentu dengan kegiatan yang tidak terlalu serius dan kaku, ilmu dan pengalaman setiap orang akan terserap dengan mudah kepada orang lain. Ilmu yang mudah terserap oleh seseorang menjadi sesuatu yang akan terus tertanam dalam diri. Dengan hal ini jika seluruh karyawan mendapatkan knowledge sharing akan meningkatkan kinerja perusahaan dan bisnis semakin membaik. 

Tidak salah bila karyawan merupakan salah satu elemen yang penting melakukan knowledge sharing. Namun pada dasarnya pengetahuan adalah sesuatu yang bisa dibagikan kepada siapa saja. Artinya, siapa pun bisa melakukan melakukan aktivitas berbagi pengetahuan ini. Asalkan ia memiliki informasi atau pengetahuan yang bermanfaat bagi orang lain. Entah itu didapatkan lewat belajar dari pengalaman, membaca buku atau artikel dari internet, mengikuti seminar atau apapun itu. Tentu tidak ada yang salah jika seseorang berbagi tentang apapun yang ia ketahui. Dengan demikian, peluang orang lain untuk ikut belajar dan bertukar pikiran pun akan terbuka lebar sehingga memungkinkan mereka untuk menjadi lebih berwawasan serta lebih kritis.

Knowledge sharing bisa dilakukan lintas golongan dalam perusahaan. Misalnya saja karyawan baru memiliki ide brilian untuk marketing bisa dibagikan kepada seniornya yang ada di sana. Selain itu apabila seseorang memiliki metode terbaik dalam pemecahan situasi atas suatu masalah, ia bisa memberikannya pada orang lain melalui metode ini pula.

Baca Juga: Ketahui 5 Cara untuk Menjadi Mentor Berkualitas

Salah satu Learning Management System (LMS) lokal yang mempunyai knowledge sharing adalah OrangT. Dengan menggunakan OrangT, Perusahaan Anda bisa fitur my insight atau social learning untuk knowledge sharing. Segera dapatkan manfaat dari OrangT.

(Dikutip dari berbagai sumber)

 




Search News & Event


Search

LIST NEWS & EVENT