Pentingkah Onboarding untuk Karyawan Dilakukan?

Josua Manurung 2021-08-25

Pentingkah Onboarding untuk Karyawan Dilakukan? Bila pertanyaan ini muncul di pikiran Anda saat ini, maka jawabannya adalah sangat penting. Onboarding karyawan dilakukan bukan karena sekadar formalitas semata. Melainkan juga memegang peranan penting dalam membuat seorang karyawan yang baru diterima menjadi bagian dari perusahaan. Dengan demikian, pengenalan ini juga akan membuat seorang karyawan merasa diterima, dihargai dan dianggap keberadaannya.

Selain itu, proses onboarding juga akan menimbulkan sense of belonging atau perasaan memiliki dan menjadi bagian dari perusahaan tempatnya bekerja. Hal ini akan membuat seorang karyawan betah dan loyal menjadi bagian dari perusahaannya sekarang.

Secara sederhana, proses onboarding akan membantu seorang karyawan baru untuk lebih mudah beradaptasi dengan lingkungannya. Tak hanya tentang tanggung jawab dalam pekerjaan, namun juga membantu mereka mengenal dan mendekatkan diri dengan karyawan lain. Semakin hangat sambutan yang diberikan oleh perusahaan pada setiap karyawan baru. Hal ini akan membuat mereka nyaman bekerja dalam lingkungannya sekaligus dapat berperan dalam meningkatkan produktivitasnya. Karena bagaimana pun, perasaan nyaman serta bahagia saat bekerja menjadi faktor penting yang dapat mempengaruhi kualitas pekerjaan seseorang.

Baca Juga: Bagaimana Cara Menciptakan Proses Onboarding Karyawan Baru yang Baik dan Efektif?

Sebagai pimpinan perusahaan atau bagian dari divisi human resource, Anda harus memastikan bahwa setiap karyawan baru dapat berbaur dengan karyawan lama. Hal ini untuk menghindari terjadinya senioritas yang superior dalam perusahaan tersebut. Selain itu, karyawan baru juga harus mendapatkan perhatian sedikit lebih ekstra pada masa awal ia bekerja. Tentunya hal ini dilakukan sebagai penilaian dan evaluasi perusahaan terkait kinerjanya dalam satu periode bulan tersebut.

(Dikutip dari berbagai sumber)




Search News & Event


Search

LIST NEWS & EVENT