Pengertian dan Manfaat Video Conference

Josua Manurung 2022-01-06

Pengertian dan manfaat video conference - 2020 adalah tahun dimana pandemi merebak secara global yang membuat banyak perusahaan meniadakan kegiatan perkantoran normal dan hampir semua pekerja telah bekerja dari rumah atau work from home (WFH). Ini juga yang membuat banyak aplikasi teleconference menjadi booming karena hampir seluruh penduduk dunia menggunakan aplikasi meeting online untuk tetap terhubung.

Perangkat lunak video conference menjadi kebutuhan yang mengalami demand yang tinggi sebagai satu- satunya alternatif yang paling aman dan terbukti dapat diandalkan dibandingkan untuk tetap ke kantor ditengah wabah. Peserta rapat online meeting ini hanya memerlukan aplikasi pilihan video conference yang terinstal dan koneksi internet. Selain itu video conference juga mampu mengatasi masalah geografis karena setiap orang bisa terhubung tanpa harus memikirkan jarak. Bahkan tidak hanya rapat kantor, dengan menggunakan video conference ini, Anda juga dapat melakukan seminar web (webinar) maupun pelatihan dengan mengundang banyak peserta.

Apa itu Video Conference?

Video conference adalah teknologi yang memungkinkan pengguna yang berada pada lokasi yang berbeda untuk mengadakan pertemuan tatap muka tanpa harus pindah ke satu lokasi bersama. Teknologi ini sangat nyaman serta praktis bagi para penggunanya yang bergerak di bidang bisnis, perusahaan maupun personal dari berbagai kota dan negara yang berbeda. Ini tentu menghemat waktu, biaya dan kerepotan yang terkait dengan perjalanan bisnis atau seperti saat ini, aman di kediaman masing- masing meski adanya COVID-19. Penggunaan untuk konferensi video termasuk mengadakan pertemuan rutin, menegosiasikan kesepakatan bisnis, dan mewawancarai kandidat/calon pekerja.

Baca Juga: Kapan Sebaiknya Memulai Knowledge Sharing?

Manfaat Video Conference

1. Penggunaan pribadi

Pada tingkat pribadi, koneksi tatap muka melalui video conference ini membantu memperlancar komunikasi non-verbal dalam pertukaran dan memungkinkan peserta untuk mengembangkan rasa keakraban yang lebih kuat dengan individu atau sekelompok orang seperti keluarga dan kerabat.

2. Sektor bisnis

Dalam bisnis, cara ini dapat meningkatkan produktivitas di antara karyawan serta memberikan cara yang lebih baik untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan kolega, mitra, dan pelanggan. Manfaat nyata dari konferensi video termasuk biaya perjalanan yang lebih rendah terutama untuk pelatihan karyawan dan mempersingkat waktu proyek sebagai hasil dari peningkatan komunikasi di antara anggota tim.

3. Masyarakat

Masyarakat juga turut memerlukan video conference untuk bertukar kabar dan saling memberi kabar satu sama lain. Rumah ibadah juga turut dapat memanfaatkan aplikasi telekonfrensi ini untuk tetap melakukan ibadah bersama atau tetap melakukan pengajian online.

4. Bidang pendidikan

Sejak COVID-19 disahkan sebagai pandemi internasional, maka selain tempat umum dan perkantoran yang tutup, sekolah telah lebih dulu tutup yang menyebabkan semua kegiatan belajar dialihkan pada video conference juga kelas- kelas yang dapat di akses secara online. Tentunya disini semua aplikasi tersebut menjadi satu- satunya tempat semua kegiatan pembelajaran untuk tetap berlangsung.

5. Bidang kesehatan

Mengikuti dan menyesuaikan kebutuhan masyarakat dalam mengatasi penyebaran corona virus, maka video conference untuk bidang kesehatan juga mengubah sesuai aplikasi mereka yang khusus menanggapi semua masalah kesehatan secara online. Anda tidak perlu mendatangi klinik atau rumah sakit karena untuk menghubungi dokter, kini Anda cukup menggunakan aplikasi.

Salah satu video conference produk lokal yang mempunyai video conference adalah OrangT atau yang dinamakan BitCon. Segera kunjungi website OrangT untuk mengetahui fitur-fitur OrangT lebih lengkap.




Search News & Event


Search

LIST NEWS & EVENT