Pengaruh Reward terhadap Motivasi Kerja Karyawan

Josua Manurung 2022-10-06

Pemberian reward kepada karyawan tidak hanya untuk mempertahankan karyawan, tetapi juga untuk memotivasi karyawan dalam bekerja lebih baik lagi. Dengan memberikan reward kepada karyawan dapat mendorong karyawan untuk memiliki perilaku dan sikap yang lebih positif dalam bekerja yang dapat meningkatkan produktivitas.

Selain itu pemberian reward mampu meningkatkan motivasi dan loyalitas karyawan. Ini juga merupakan cara untuk menghargai dan menciptakan kesejahteraan positif dalam suatu organisasi. Berikut beberapa dampak positif dirasakan oleh karyawan jika perusahaan memberikan apresiasi terhadap karyawan:

1. Lebih produktif

Jika karyawan diberikan apresiasi terhadap pekerjaannya, tentu saja mereka akan lebih meningkatkan kinerja dan produktivitas mereka menjadi lebih baik. Dengan demikian, ketercapaian perusahaan pun lebih meningkat. Selain itu, jika karyawan diberi apresiasi dan reward atas kerja kerasnya oleh perusahaan, tentu karyawan yang lainnya pun akan sama berusaha keras untuk mendapatkan reward tersebut. Sehingga kinerja perusahaan dapat berjalan dengan sangat baik.

2. Lebih bahagia

Tentu siapapun akan senang jika semua yang sudah dilakukannya diberi apresiasi dengan baik, terlebih jika apresiasi dan reward yang diberikan sepadan dengan usaha yang sudah dilakukan oleh karyawan tersebut. Perasaan positif ini juga dapat dirasakan dalam perusahaan, yaitu menciptakan lingkungan kerja yang bahagia dan penuh apresiasi yang membuat orang lain ingin menjadi bagian dari perusahaan tersebut.

3. Lebih loyal pada perusahaan

Jika perusahaan dapat menghargai kerja keras karyawan, dampak yang dirasakan oleh perusahaan adalah karyawan dapat memiliki perasaan setia terhadap perusahaan dan membantu tim dimana karyawan itu ditempatkan dan juga perusahaan merasakan ikatan emosional dengan organisasi perusahaan tempat ia bekerja.

Baca Juga: Inilah 7 Jenis dan Contoh On The Job Training

4. Mengurangi angka pengunduran diri

Apabila sebuah perusahaan dapat memperlakukan seluruh karyawan dengan baik dan memberikan apresiasi dan reward yang setimpal dengan apa yang ia kerjakan, tentu mereka akan setia terhadap perusahaan tersebut. Tingginya angka pengunduran diri pada sebuah perusahaan tentu merupakan salah satu kerugian perusahaan. Waktu yang diperlukan untuk menemukan dan melatih staf baru memengaruhi pemanfaatan dan biaya yang akan dikeluarkan oleh perusahaan akan tinggi, sehingga mempertahankan staf harus menjadi prioritas. Pemberian imbalan memberi karyawan alasan yang nyata untuk tetap tinggal.

5. Meningkatkan reputasi perusahaan

Perusahaan yang pelit memberikan apresiasi dan reward kepada karyawannya tentu saja dapat memberikan kesan buruk pada karyawan sehingga mereka memutuskan untuk meninggalkan perusahaan tersebut. Hal ini tentu saja mempengaruhi perusahaan karena karyawan yang mengundurkan diri dari perusahaan bisa saja membagikan pengalaman buruknya selama bekerja disana. Saat seorang karyawan mengundurkan diri dari perusahaan tentu hal buruk tentang perusahaan tempat ia bekerja akan terbawa oleh karyawan tersebut.

Reward tentunya didapatkan setelah karyawan telah mengikuti suatu pelatihan maupun mampu menyelesaikan tugas dan pekerjaan sesuai waktu yang ditentukan. LMS OrangT menyediakan sistem reward, apabila karyawan berhasil menyelesaikan pelatihan maupun pekerjaan yang telah diberikan Perusahaan. Dengan LMS OrangT pelatihan dapat dilakukan secara online dimanapun dan kapanpun. Untuk mendapatkan manfaat lebih dari LMS OrangT silahkan kunjungi website dan jadwalkan demo.

(Dikutip dari berbagai sumber)




Search News & Event


Search

LIST NEWS & EVENT