Metode Pelatihan dan Pengembangan Karyawan

Josua Manurung 2022-04-28

Salah satu aset yang paling penting bagi perusahaan adalah karyawan. Untuk itu program pelatihan dan pengembangan karyawan merupakan hal penting yang harus dilakukan oleh perusahaan. Selain program pelatihan untuk karyawan baru, juga diperlukan pelatihan bagi karyawan lama. Latar belakang pelatihan karyawan adalah sebagai cara meningkatkan produktivitas dan sebagai cara meningkatkan kinerja karyawan. Jadi, untuk itu diperlukan metode pelatihan karyawan yang sesuai agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Berikut beberapa metode pelatihan dan pengembangan karyawan

1. Metode Demonstrasi dan Contoh

Metode ini lebih banyak melibatkan penguraian dan cara memperagakan sesuatu melalui contoh-contoh. Metode ini sangat efektif, karena lebih mudah dalam menunjukkan kepada para peserta pelatihan karyawan tentang bagaimana cara dalam mengerjakan suatu tugas, karena telah dikombinasikan dengan alat bantu belajar seperti : gambar, video, teks materi, ceramah, dan diskusi.

2. Metode Simulasi

Metode pelatihan ini merupakan suatu situasi atau peristiwa yang mana telah menciptakan bentuk realitas atau imitasi dari realitas kerja yang sesungguhnya. Simulasi ini merupakan pelengkap dan sebagai tehnik duplikat yang lebih mendekati dengan kondisi nyata di lapangan.

3. Metode On The Job Training

Metode pelatihan on the job training merupakan salah satu contoh pelatihan karyawan baru. Karyawan akan langsung mempelajari pekerjaannya dengan cara mengamati karyawan lain yang sedang bekerja, dan kemudian mengobservasi perilakunya. Karyawan lama akan memberikan contoh tentang bagaimana cara mengerjakan pekerjaan dan karyawan baru harus memperhatikannya.

4. Metode Ruang Kelas

Model dan metode pelatihan jenis ini dilakukan di dalam ruang kelas seperti perkuliahan, konferensi, studi kasus, bermain peran dan pengajaran berprogram (programmed instruction).

Jadi, untuk meningkatkan kemampuan dan kualitas karyawan, perusahaan sebaiknya menerapkan jenis pelatihan karyawan sesuai dengan yang dibutuhkan. Program pelatihan dan pengembangan SDM biasanya diadakan secara berkala yang dilakukan oleh perusahaan secara langsung maupun menggunakan jasa lembaga pelatihan karyawan.

Baca Juga: Fungsi Report untuk Pelatihan Karyawan

Untuk melakukan pelatihan dan pengembangan karyawan kamu bisa menggunakan software LMS. Salah satu LMS lokal adalah LMS OrangT, dengan OrangT kamu bisa memilih metode apa saja yang ingin kamu gunakan dan tentunya terdapat fitur menarik seperti Gamification, Social Learning, Coaching & Mentoring dan masih banyak fitur lainnya lagi. Segera hubungi kami OrangT untuk demo secara Gratis.

(Dikutip dari berbagai sumber




Search News & Event


Search

LIST NEWS & EVENT