Metode Efektif Pelatihan dan Pengembangan Karyawan

Josua Manurung 2021-04-14

Pelatihan dan pengembangan karyawan adalah program yang dirancang untuk meningkatkan keterampilan teknis, pengetahuan, efisiensi, dan penciptaan nilai untuk melakukan pekerjaan tertentu dengan cara yang jauh lebih baik. Pelatihan meningkatkan keahlian yang dibutuhkan dan membantu dalam pengembangan karyawan serta pertumbuhan organisasi secara keseluruhan.

Ada sejumlah metode efektif yang dapat diambil dalam mengadakan pelatihan dan pengembangan karyawan, sesuai dengan situasi yang dihadapi perusahaan:

1. Pelatihan Karyawan

Metode ini membantu karyawan membangun pengetahuan dasar yang harus mereka miliki pada level atau posisi tertentu.

2. Coaching Efektif

Pemimpin atau jajaran manajemen dapat menjadi coach yang efektif bagi karyawan mereka. Selama bekerja, mereka dapat menggunakan berbagai situasi yang mereka hadapi sebagai momen belajar. Bahan belajar terbaik memang berasal dari rutinitas atau problem yang dihadapi karyawan sehari-hari.

3. Mentoring Kepemimpinan

Mentoring akan lebih efektif daripada melatih, memarahi, mengritik, atau menegur karyawan. Dengan mentoring, karyawan akan lebih terbantu untuk melihat dampak dari perilakunya, memunculkan rasa tanggung jawab pribadi, dan kemudian berkomitmen untuk membuat perubahan positif.

Baca Juga: Online Learning Platform Solusi Saat Pandemi

Pelatihan juga meningkatkan perasaan menghargai karyawan. Ini menunjukkan bahwa Anda berkomitmen untuk memberi mereka sumber daya yang diperlukan untuk memastikan mereka melakukan pekerjaan dengan baik.

Untuk memudahkan pelatihan dan pengembangan karyawan, Perusahaan bisa menggunakan software LMS OrangT. Mulai dari fitur pelatihan, coaching, mentoring dan masih banyak lagi fitur-fitur lainnya yang efektif dan efisien.

(Dikutip dari berbagai sumber)




Search News & Event


Search

LIST NEWS & EVENT