Manfaat Strategi Pelatihan Dengan Gamification

Josua Manurung 2021-07-29

Gamification atau gamifikasi merupakan konsep permainan yang dapat membantu dalam sebuah proses pembelajaran. Bila mendengar istilah ini, tidak sedikit yang mengaitkannya dengan permainan untuk hiburan semata. Padahal gamification/gamifikasi untuk HR (human resources) sebuah perusahaan berperan penting dalam pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia (SDM). 

Didalam sebuah perusahaan, para karyawan biasanya diikutkan dalam pelatihan dan pengembangan SDM. Tujuannya agar karayawan bisa mendapatkan keterampilan baru. Namun penyampaian materi kepada karyawan bukanlah hal yang mudah. Terlebih bagi yang belum memiliki latar belakang kerja sebelumnya, beberapa materi malah susah diserap.  Di sinilah gamifikasi memegang peranan penting dengan menghadirkan materi melalu metode permainan. Apalagi pola pemberian materi secara tradisional kerap membuat para peserta pelatihan bosan.

Dalam proses pelatihan yang melibatkan gamification/gamifikasi, para karyawan akan diberi tantangan untuk menyelesaikan beberapa masalah yang memiliki level kesulitan berbeda. Karena metode gamifikasi lebih interaktif, karyawan pun terbukti menjadi lebih kreatif sehingga berperan dalam proses penyelesaian masalahnya. 

Berikut Manfaat Pelatihan dan Pengembangan SDM dengan Gamification/Gamifikasi:

1. Meningkatkan engagement karyawan

Ketika gamification/gamifikasi diterapkan dalam proses pelatihan, engagement atau tingkat keterlibatan karyawan dalam tiap proses terbukti lebih baik. Karena merasa tidak bosan selama berlangsungnya pelatihan, maka mereka dapat menikmati prosesnya dengan santai. 

2. Membantu pemahaman materi

Setiap karyawan memiliki kemampuan berbeda dalam menyerap sebuah materi. Saat materi disajikan dalam bentuk permainan, karyawan lebih mudah memahaminya lantaran ada suasana yang menyenangkan. Setelah memahami materi, diharapkan para karyawan bisa menerapkannya dalam kondisi riil di kantor. 

3. Menjadi lebih kreatif dan inovatif

Materi pelatihan yang diberikan dalam bentuk permainan akan membuat karyawan berpikir lebih luas dalam penyelesaian sebuah masalah. Citra inilah yang diharapkan terus dibawa karyawan saat bekerja nanti. 

Baca Juga: Keunggulan Menggunakan Metode Gamifikasi untuk Pelatihan

Jadi, Anda dapat mencoba mengelola pelatihan dengan memanfaatkan gamification/gamifikasi.  Untuk solusinya, Anda bisa menggunnakan LMS OrangT karena OrangT telah menyediakan fitur-fitur yang mendukung penerapan gamification/gamifikasi. Segera hubungi kami, karena ada promo PPKM, sewa 12 bulan cukup bayar 9 bulan untuk LMS OrangT versi cloud, promo berlaku sampai Agustus 2021. Jangan sampai ketinggalan.

(Dikutip dari berbagai sumber)




Search News & Event


Search

LIST NEWS & EVENT