Manfaat Menerapkan Gamifikasi dalam Pelatihan Karyawan

Josua Manurung 2021-06-25

Sebelum kita bahas manfaat menerapkan gamifikasi dalam pelatihan karyawan, kita bahas terlebih dahulu apa itu Gamifikasi?

Gamifikasi adalah sebuah metode yang memasukkan elemen dan prinsip games atau permainan dalam proses pembelajaran. Permainan terbukti membantu meningkatkan retensi pembelajaran dan menawarkan persaingan yang sehat bagi karyawan. Terlebih, ini adalah cara yang bagus bagi tim untuk merasa terhubung dan terlibat untuk membuat belajar lebih menyenangkan di dunia yang penuh tekanan.

Berikut manfaat dari penerapan gamifikasi dalam pelatihan karyawan.

1. Meningkatkan Retensi Informasi

Semakin interaktif dan menyenangkan sesuatu, semakin mudah bagi orang untuk belajar. Sama halnya dengan seberapa cepat anak-anak mempelajari berbagai hal dengan semua permainan dan cara interaktif yang mereka mainkan. Menambahkan keseruan dalam belajar adalah cara yang bagus untuk membuatnya lebih baik.

2. Real-World Application

Menambahkan gamifikasi ke pelatihan perusahaan juga dapat memberi Anda kesempatan untuk menunjukkan kepada orang-orang penerapan keterampilan atau hal-hal yang mereka pelajari di dunia nyata. Mempelajari hal-hal dalam teori itu sulit, tetapi mempelajari berbagai hal dalam praktik membuatnya lebih mudah diingat dan membantu orang tampil lebih baik secara keseluruhan.

3. Meningkatkan Keterlibatan

Melalui pembelajaran yang terasa seperti permainan, karyawan akan memiliki keinginan untuk terlibat. Alih-alih bertanya-tanya apakah karyawan bahkan memperhatikan kelas pelatihan, Anda dapat percaya bahwa semua orang terlibat dan bersenang-senang.

4. Meningkatkan Citra dan Budaya Perusahaan

Ketika karyawan merasa terlibat dan dilibatkan sebagai bagian dari pelatihan mereka, di tingkat mana pun, mereka akan merasa lebih seperti perusahaan peduli pada mereka dan merespons dengan baik. Hal ini memberikan citra yang lebih baik bagi perusahaan dan membantu menumbuhkan budaya perusahaan ideal yang dituntut oleh karyawan saat ini.

5. Pemberian Feedback

Menggunakan gamifikasi memungkinkan Anda untuk langsung melihat apa yang berhasil dan apa yang tidak, serta cara untuk meningkatkan pelatihan. Orang-orang mungkin tidak akan memberi tahu Anda bagaimana mereka hampir tertidur selama pertemuan terakhir. Tetapi mereka akan dengan senang hati memberi tahu Anda betapa menyenangkannya memenangkan permainan pelatihan itu dan mendapatkan hari libur gratis.

Baca Juga: Manfaat Dibalik Menggunakan Learning Management System

Agar memaksimalkan gamifikasi yang diterapkan, berikut elemen-elemen gamifikasi yang umumnya digunakan dalam meningkatkan dampak pelatihan.

  1. Tantangan (Challenges) : Memecahkan tujuan besar menjadi tujuan pembelajaran (learning goals) yang lebih kecil.
  2. Level : Membentuk jalur pembelajaran dan memetakan ke berbagai tingkat kemahiran.
  3. Instant Feedback : Membantu kemajuan peserta didik dan menyampaikan pandangan yang jelas tentang sejauh mana perjalanan pembelajaran mereka.
  4. Skor : Membantu karyawan mendapatkan perasaan pencapaian, dan mereka dapat melihat skor orang lain sehingga menciptakan persaingan yang sehat.
  5. Lencana (Badges) : Berfungsi sebagai elemen untuk penghargaan prestasi penting.
  6. Hadiah (Rewards) : Berfungsi sebagai elemen untuk melibatkan dan memberi insentif kepada karyawan dan membuat mereka terus belajar.
  7. Papan Peringkat (Leaderboard) : Elemen analitik yang memberi pandangan yang jelas tentang kemajuan karyawan serta bagaimana kinerja mereka dibandingkan dengan yang lain.

 

Melihat besarnya dampak penerapan gamifikasi dalam pelatihan, Anda dapat mencoba mengelola pelatihan dengan menerapkan gamifikasi menggunakan LMS OrangT.  OrangT telah menyediakan fitur-fitur yang mendukung penerapan gamifikasi seperti Level, rewards, score, dan lainnya.

(Dikutip dari berbagai sumber)

 

 

 




Search News & Event


Search

LIST NEWS & EVENT