Ketahui 5 Cara untuk Menjadi Mentor Berkualitas

Josua Manurung 2021-12-15

Ketahui 5 cara untuk menjadi mentor berkualitas - Menemukan seorang mentor berkualitas atau guru merupakan cara yang baik untuk mendorong karir dan pekerjaan Anda ke arah yang lebih baik lagi. Mentor yang tepat akan membantu mempersiapkan Anda untuk sukses dan memperkenalkan Anda dengan orang yang tepat. Tidak hanya itu saja, mereka juga akan memberikan saran pelatihan dan menunjukkan kepada Anda cara mencapai tujuan yang diinginkan.

Baca Juga: Apa Itu Mentoring?

Meskipun menemukan mentor berkualitas itu sulit, berikut 5 cara menjadi mentor berkualitas yang perlu diperhatikan.

1. Terlebih Dahulu Ketahui Tujuan Anda

Sebelum menemukan seorang guru yang tepat, maka sebaiknya Anda memahami apa yang menjadi tujuan Anda. Ketahui dengan baik apa yang Anda inginkan agar mengetahui kualitas apa yang dibutuhkan dari seorang mentor berkualitas.

2. Senantiasa Berbagi Nilai Dengan Anda

Mentor terbaik adalah orang-orang dengan integritas pribadi dan mau berbagi nilai dengan Anda. Nilai-nilai yang dipercaya oleh mentor inilah yang akan membawa Anda menjadi sosok pribadi yang jauh lebih baik dari sebelumnya.

3. Mengajarkan dan Menawarkan Nasihat

Mentor berkualitas adalah orang yang mau didekati, mereka juga bersedia meluangkan waktu untuk bersama Anda menjadi pribadi yang lebih baik. Tidak hanya itu saja, mereka juga memiliki waktu untuk memikirkan situasi dan kebutuhan Anda dan memberikan saran yang sangat bermanfaat.

4. Tidak Pernah Berhenti Belajar

Kualitas seorang mentor berkualitas yang penting untuk Anda pertimbangkan adalah mereka memiliki rasa ingin tahu dan kemauan untuk terus belajar. Anda membutuhkan seorang guru yang mengetahui apa yang perlu Anda lakukan dan memberikan navigasi tentang apa yang perlu difokuskan untuk perkembangan karir. Sikap mereka yang mau terus belajar harus Anda tiru dan ikuti dengan cara meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dari berbagai sumber yang tersedia.

5. Selalu Memandu dan Memberikan Semangat

Hubungan dengan seorang guru meliputi pemberian nasihat dan membangun koneksi yang kuat dengan Anda. Tidak hanya melatih dan memberikan bimbingan saja, tetapi juga bisa memberikan semangat agar Anda tetap konsisten mencapai tujuan yang diinginkan. Mereka juga akan mendorong untuk keluar dari zona nyaman dan mendorong Anda untuk melakukan hal-hal yang belum pernah dirasakan dengan tujuan mendukung kesuksesan di masa depan.

Dengan 5 kriteria dan kualitas di atas, Anda bisa lebih mudah menemukan siapa yang tepat untuk membantu Anda mencapai tangga keberhasilan dan kesuksesan. Hal yang penting untuk diingat adalah teruslah belajar melalui berbagai sumber pendidikan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan Anda.

Salah satu Learning Management System (LMS) yang menyediakan coaching and mentoring adalah OrangT-Collaborative Learning. Dengan OrangT, Anda dapat melakukan coaching and mentoring bagi karyawan Anda dengan efektif dan efisien.

(Dikutip dari berbagai sumber)




Search News & Event


Search

LIST NEWS & EVENT