Apakah Pelatihan dan Pengembangan Karyawan Sama?

Josua Manurung 2022-06-22

Apakah Pelatihan dan Pengembangan Karyawan Sama? Didalam lingkungan pekerjaan, pastinya Anda sering mendengarkan kalimat pelatihan dan pengembangan. Mungkin saja Anda mengartikannya ke dalam satu makna, padahal kedua hal tersebut memiliki definisi dan tujuan yang berbeda. Pelatihan lebih diartikan sebagai peningkatan penguasaan keahlian karyawan atas pekerjaan atau tugas yang sedang dihadapi serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia berkaitan dengan jabatan atau divisi yang atau yang menjadi tanggung jawab saat ini. Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kinerja seseorang terhadap jabatan atau fungsinya. Sedangkan pengembangan memiliki arti menyiapkan seseorang atau karyawan untuk mempelajari dan menguasai suatu hal baru karena akan memegang tanggung jawab baru yang lebih besar.

Pengembangan karyawan lebih bersifat formal. Karena hal ini berkaitan dengan kemampuan dan keahlian karyawan yang wajib dipersiapkan untuk kepentingan jabatan di masa yang akan datang. Tujuan atau sasaran dari program pengembangan lebih luas dari pada pelatihan. Pengembangan akan lebih terfokus kepada meningkatkan dan menyiapkan kemampuan karyawan untuk mengantisipasi perubahan yang mungkin akan terjadi di masa yang akan datang.

Berikut cara memudahkan Anda untuk melihat perbedaan antara pelatihan dan pengembangan:

1. Sasaran

Pelatihan : Karyawan baru untuk mendapatkan skill yang dibutuhkan perusahaan.
Pengembangan : Karyawan lama untuk mengembangkan skill yang mereka punya.

2. Waktu 

Pelatihan : 3 - 6 bulan (masa probation)
Pengembangan : Continue, selama karyawan tersebut masih bekerja

Baca Juga: Apa Saja Jenis Training HRD?

3. Tujuan 

Pelatihan : Mengembangkan skill dan wawasan pengetahuan untuk pekerjaan yang sedang dilakukan
Pengembangan : Lebih berfokus untuk mengembangkan atau memperdalam skill untuk menyiapkan tantang di masa depan

4. Orientasi 

Pelatihan : Terbatas, tergantung dengan pekerjaan yang sedang dilakukan
Pengembangan : Berorientasi pada pengembangan karir di masa depan

Itulah perbedaan antara pelatihan dan pengembangan karyawan.

Untuk melakukan pelatihan dan pengembangan SDM kamu bisa menggunakan software LMS. Salah satu LMS lokal adalah LMS OrangT, dengan OrangT kamu bisa memilih metode apa saja yang ingin kamu gunakan dan tentunya terdapat fitur menarik seperti Gamification, Social Learning, Coaching & Mentoring dan masih banyak fitur lainnya lagi. Segera hubungi kami OrangT untuk demo secara Gratis.

(Dikutip dari berbagai sumber)




Search News & Event


Search

LIST NEWS & EVENT