Apa Saja Jenis Training HRD?

Josua Manurung 2022-06-16

Jenis-Jenis Training HRD - Setelah Anda memahami peran penting HR dan pentingnya pelatihan untuk HRD. Maka selanjutnya, Anda juga perlu mengetahui apa saja jenis-jenis pelatihan atau training HRD yang ada. Berikut jenis-jenis pelatihan HRD pada  umumnya:

1. Keterampilan

Pertama adalah skill training atau pelatihan keterampilan. Jenis pelatihan satu ini, termasuk ke dalam salah satu pelatihan yang sering dilakukan oleh perusahaan. Baik itu keterampilan dasar atau lanjutan. Tujuan dari pelatihan keterampilan ini untuk mengasah dan menambah kemampuan yang dimiliki oleh HR perusahaan, agar sesuai dengan kebutuhan dan keinginan perusahaan, seperti kreativitas, problem solving, maupun kemampuan manajemen yang baik.

2. Kerjasama Tim

Setiap karyawan yang bekerja di dalam sebuah perusahaan, pastinya tidak akan bekerja secara sendiri-sendiri, melainkan secara tim. Oleh karena itu, penting untuk mengembangkan dan mengasah kemampuan dalam bekerjasama secara berkelompok maupun tim. Pelatihan ini diberikan dengan harapan HR dapat memiliki kemampuan kerjasama yang baik dalam menjalankan tugas maupun menyelesaikan isu yang terjadi di perusahaan secara bersama-sama.

3. Teknologi

Teknologi memegang peranan yang besar dan penting di dalam kehidupan saat ini. “Melek” akan teknologi merupakan sebuah keharusan yang harus dimiliki oleh setiap karyawan termasuk HRD. Pelatihan teknologi ini, diharapkan dapat membantu karyawan, khususnya HRD dalam memahami dan menjalankan teknologi-teknologi yang digunakan perusahaan pada umumnya.

4. Bahasa

Meskipun terlihat sangat sepele, namun nyatanya bahasa juga memegang peranan penting di dalam dunia kerja maupun bisnis. Tidak menutup kemungkinan, bila nantinya perusahaan akan menjalin kerjasama dengan orang-orang dari luar negeri. Guna mengantisipasi hal tersebut, tidak ada salahnya jika HR diberikan bekal yang cukup mengenai bahasa-bahasa yang sering digunakan di dalam dunia kerja.

Baca Juga: Ketahui Pentingnya Pelatihan untuk HRD

5. Pelatihan Ulang

Retraining atau pelatihan ulang juga seringkali digunakan perusahaan untuk memberikan pengetahuan dan juga keahlian yang dibutuhkan oleh HRD perusahaan. Jenis yang satu ini, dapat diberikan untuk menghadapi kondisi pekerjaan yang seringkali berubah-ubah seiring berjalannya waktu. Sehingga, HRD dapat lebih siap untuk menghadapi segala kemungkinan yang bisa saja terjadi ke depannya.

Itulah manfaat dan jenis pelatihan HRD yang bertujuan untuk menciptakan SDM bermutu dan berkualitas di perusahaan.

Untuk melakukan pelatihan dan pengembangan SDM kamu bisa menggunakan software LMS. Salah satu LMS lokal adalah LMS OrangT, dengan OrangT kamu bisa memilih metode apa saja yang ingin kamu gunakan dan tentunya terdapat fitur menarik seperti Gamification, Social Learning, Coaching & Mentoring dan masih banyak fitur lainnya lagi. Segera hubungi kami OrangT untuk demo secara Gratis.

(Dikutip dari berbagai sumber)




Search News & Event


Search

LIST NEWS & EVENT