5 Manfaat KPI untuk Kinerja Karyawan

Josua Manurung 2022-11-15

Key performance indicator (KPI) merupakan indikator yang sangat penting digunakan untuk mengevaluasi kinerja seseorang. Anda bisa mendapatkan banyak manfaat dengan menggunakan KPI ini. Seperti membantu Anda untuk lebih mudah mengukur dan mengevaluasi kinerja karyawan perusahaan Anda dan memahami karakteristik karyawan yang berdedikasi. Kemudian, dengan menggunakan KPI, harapan manajemen terhadap karyawan akan terkomunikasikan dengan baik. Dan karyawan akan menyadari tujuan yang harus mereka capai dan menjadi lebih loyal dalam bekerja.

Selain itu, hasil kinerja masing-masing karyawan diukur dengan jelas, dan pada akhirnya dapat digunakan sebagai acuan penghargaan atau reward. Tentunya hal ini juga akan berdampak positif bagi karyawan, sehingga semangat mereka untuk memberikan pelayanan terbaik kepada perusahaan dapat tetap terjaga.

Berikut 5 manfaat KPI untuk menilai kinerja karyawan:

1. Menjadi acuan standar untuk mengukur dan mengevaluasi kinerja pegawai.

2. Tanggung jawab setiap karyawan akan menjadi lebih jelas, dan mereka akan lebih memahami harapan manajemen perusahaan atas hasil kinerja mereka.

3. Pemilik bisnis dan manajemen perusahaan, dalam hal ini HRD, dapat menghitung hasil kerja setiap karyawan secara lebih spesifik, kemudian menjadi tolak ukur penghargaan atau reward.

4. Hasil KPI dapat dijadikan bahan acuan untuk menentukan keputusan strategis yang lebih baik terkait pengembangan bisnis.

5. Jika bagi perusahaan dan manajemen, KPI adalah tolak ukur untuk mengukur kinerja karyawan, maka bagi karyawan, KPI adalah tujuan kerja yang harus mereka capai.

Baca Juga: Fungsi Reward Apresiasi bagi Karyawan

Itulah beberapa manfaat terkait KPI yang perlu Anda ketahui. Anda bisa bersinggungan dengan KPI di dunia kerja. Dan sekarang, gunakan waktu terbaikmu untuk mempersiapkan diri meniti karier.

(Dikutip dari berbagai sumber)




Search News & Event


Search

LIST NEWS & EVENT