5 Bentuk Reward Apresiasi Karyawan

Josua Manurung 2022-10-26

Sebagai karyawan, tentunya senang kalau mendapat reward dari perusahaan. Nah, ada banyak bentuk reward yang perusahaan bisa berikan untuk karyawan yang berkontribusi memuaskan. Berikut 5 bentuk reward yang mungkin Anda bisa diterapkan di tempat kerjamu?

1. Pujian

Mungkin bagi beberapa orang yang namanya pujian bersifat sepele. Pujian dirasa bukanlah merupakan hal besar sehingga seringkali dilupakan. Padahal sebenarnya suatu pujian bisa membangkitkan semangat di dalam diri seseorang. Pujian bisa diberikan misalnya dalam berbagai bentuk ucapan seperti misalnya ungkapan terima kasih. Dengan adanya pujian maka karyawan di suatu perusahaan akan merasa senang sehingga pekerjaannya bisa dilakukan secara lebih maksimal.

2. Bonus

Bonus juga merupakan jenis hadiah atau reward yang paling disukai oleh karyawan. Dengan adanya bonus maka karyawan bisa lebih menikmati hasil kerjanya. Seorang karyawan yang mendapat bonus tentu saja akan selalu berusaha untuk bisa menerima bonus kembali di masa mendatang. Maka tak heran bila karyawan akan semakin termotivasi untuk bisa lebih berprestasi agar bisa mendapat bonus.

Baca Juga: Cara Memberi Reward yang Tepat untuk Karyawan

3. Pelatihan atau Training

Reward juga bisa diberikan kepada karyawan dalam bentuk kesempatan untuk mengalami pelatihan dan sejenisnya. Mengikuti pelatihan atau training atau sejenisnya bisa memberikan kesempatan bagi karyawan untuk semakin mengembangkan diri. Bahkan melalui pelatihan atau training yang diikutinya nantinya karyawan diharapkan agar bisa memberikan pengajaran pula pada karyawan lainnya. Karyawan yang sudah mengikuti pelatihan tentu mendapatkan ilmu dan informasi yang lebih jika dibandingkan karyawan yang tidak ikut pelatihan. Maka nantinya karyawan tersebut bisa menjadi contoh bagi seluruh karyawan lainnya di tempat kerja yang sama.

4. Promosi Jabatan

Jenis reward lainnya yang juga sangat direkomendasaikan untuk diberikan pada setiap karyawan berprestasi adalah promosi jabatan. Dengan adanya promosi jabatan maka karier karyawan akan meningkat. Maka jabatan karyawan yang semula hanya sebagai staff biasa saja lambat laun bisa semakin naik hingga mungkin ke posisi supervisor. Bahkan bukan tidak mungkin karyawan berprestasi bisa naik jabatan hingga ke posisi manajer. Promosi jabatan bisa menjadi reward menarik bagi setiap karyawan yang telah memberikan hasil kerja terbaik bagi karyawan.

5. Cuti Liburan

Cuti liburan tampaknya sangat diinginkan oleh setiap karyawan. Pekerjaan yang menumpuk setiap hari memang perlu disela dengan adanya liburan. Maka perusahaan bsia memberikan reward kepada karyawan yang telah bekerja keras dalam bentuk cuti liburan. Mungkin waktu yang diberikan pada karyawan untuk cuti liburan tidak terlalu panjang. Mungkin saja waktu yang diberikan tergolong cukup singkat. Namun bagaimanapun juga pemberian waktu kepada karyawan untuk cuti liburan ini bsia menjadi hadiah yang paling menyenangkan dan bahkan bisa saja paling berkesan.

(DIkutip dari berbagai sumber)




Search News & Event


Search

LIST NEWS & EVENT