Langkah Penerapan Gamification di dalam Perusahaan

Josua Manurung 2021-07-09

Bagaimana langkah menerapkan gamification di dalam Perusahaan? Gamification selama ini dipandang sebagai metode untuk menghilangkan stres dan penat setelah melakukan pekerjaan berat atau sekadar untuk mengisi waktu luang saat santai. Namun, di sisi lain permainan memiliki andil besar dalam membangun sebuah perusahaan yang sehat. Metode ini disebut dengan gamification.

Pada dasarnya gamification adalah teknik memproyeksikan apa yang terjadi di masa mendatang bagi perusahaan dengan cara-cara unik. Atau dengan kata lain gamification ialah menerapkan aturan permainan untuk konteks non-permainan. Dalam hal ini semisalnya untuk pengembangan perusahaan baik peningkatan kinerja hingga peningkatan kualitas sumber daya manusia yang ada.

Baca Juga: Training dengan Gamifikasi Meningkatkan Kompetensi Karyawan

Langkah-Langkah Menerapkan Gamification

Untuk menerapkan gamification bagi perusahaan, ada beberapa prosedur yang harus dipenuhi. Sebab dalam gamification bila satu aspek tidak terpenuhi maka akan sulit dijalankan. Hal ini karena gamification adalah sebuah strategi yang membutuhkan kerjasama tim dan mengasah proses berpikir kreatif.

Setidaknya berikut prosedur yang perlu disiapkan saat Anda ingin menerapkan gamification.

1. Lakukan analisis kualifikasi dari sebuah pekerjaan pada saat melakukan rekrutmen maupun seleksi calon karyawan baru.

2. Tentukan hal apa saja yang ingin dicari dan dicapai dalam gamification. Dalam pencarian ini Anda juga perlu menentukan dimensi apa saja yang ingin dijadikan sebagai tolok ukur keberhasilan.

3. Anda perlu menentukan permainan apa saja yang cocok untuk diterapkan. Usahakan dalam memilih permainan tersebut, sebaiknya yang mengasah kemampuan berpikir dan mengasah kreativitas seseorang untuk memecahkan sebuah masalah yang dihadapi.

4. Langkah terakhir ialah Anda perlu membuat kriteria-kriteria penilaian. Dari kriteria penilaian ini Anda bisa menentukan apa saja yang sudah dicapai dan hal apa saja yang perlu untuk dievaluasi di kemudian hari.

Salah satu alasan utama perusahaan perlu menerapkan gamification adalah untuk memberikan dampak positif dalam memberikan kemajuan perusahaan. Manfaatnya baik langsung maupun tidak langsung karyawan di dalam perusahaan menjadi memiliki daya saing. Mereka akan bersaing, tentu dalam hal ini adalah persaingan sehat) untuk menjadi yang terbaik. Gamification sekarang sudah ada di LMS OrangT, kalau Anda berminat bisa menghubungi kami di myorangt.com.

 




Search News & Event


Search

LIST NEWS & EVENT