Efektivitas Pelatihan Dalam Meningkatkan Kualitas Kinerja

Josua Manurung 2020-09-08

 

Efektivitas pelatihan karyawan merupakan hal yang sangat penting terutama untuk mengembangkan sumber daya manusia. Pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia di perusahaan, organisasi, instansi pendidikan, ataupun lembaga lain dilakukan untuk meningkatkan kualitas kinerja karyawan. Tuntutan dari kebutuhan konsumen saat ini semakin tinggi dan persaingan bisnis semakin ketat. Semua karyawan yang ada di perusahaan, instansi pendidikan, ataupun lembaga lain memang sudah memenuhi syarat administrasi pekerjaan tapi tidak berarti semua karyawan akan langsung sukses ketika ditempatkan pada satu bidang pekerjaan tertentu.

Sumber gambar: intipesan.com
Untuk itu, pelatihan dibutuhkan agar seluruh karyawan mampu mengikuti perkembangan dunia kerja maupun bisnis sesuai dengan jabatannya. Pelatihan juga dilakukan untuk meningkatkan produktivitas, etos kerja, disiplin, sikap, keterampilan, dan keahlian tertentu agar bisa bekerja lebih maksimal serta lebih baik.

Pelatihan sendiri adalah proses pembelajaran keahlian, peraturan, sikap, ataupun konsep pengetahuan untuk meningkatkan serta mengembangkan kinerja karyawan. Pelatihan yang efektif akan membuat karyawan menguasai dengan baik pekerjaannya dan mampu mengikuti perkembangan bisnis serta bertahan pada persaingan yang ketat.

Tentunya perusahaan ingin menarik, memiliki, dan mempertahankan karyawan terutama yang bisa bersaing serta mengikuti perkembangan dunia bisnis. Karenanya, efektivitas pelatihan karyawan sangat diperlukan dalam peningkatan keterampilan dan kinerja karyawan sehingga karyawan yang dimiliki bisa sukses ketika melakukan pekerjaannya.

Baca jugaPentingnya Pelatihan dan Pengembangan SDM Bagi Perusahaan

Kegiatan pelatihan karyawan memang sangat dibutuhkan jika ingin karyawan yang bekerja pada perusahaan, instansi, organisasi, ataupun lembaga lain bekerja secara efektif. Pelatihan sendiri pada dasarnya dilakukan dengan maksud untuk mengubah tingkah laku dan mengingkatkan kemampuan sumber daya manusia. Oleh sebab itu, perlu melakukan pelatihan yang tepat sasaran sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.

Berikut sasaran pelatihan karyawan yang dapat dibagi dalam tiga kategori yakni;

  1. Kategori kognitif merupakan proses pelatihan yang difokuskan pada peningkatan intelektual misalnya meningkatan pengetahuan maupun keterampilan dalam berpikir.
  2. Kategori psikomotorik yaitu dimana pelatihan dilakukan untuk mengembangkan keterampilan fisik yang diinginkan perusahaan seperti pengontrolan gerakan-gerakan tertentu agar karyawan bisa melakukan gerakan yang tepat. Pelatihan ini biasanya untuk aktivitas kerja yang banyak berhubungan dengan kegiatan fisik.
  3. Kategori afektif adalah pelatihan untuk membuat karyawan memiliki sikap tertentu sesuai dengan jabatan dan keinginan maupun kebutuhan perusahaan.


Berbagai sasaran kegiatan pelatihan karyawan di atas bisa dicapai dengan efektivitas pelatihan karyawan. Dengan diberikan pelatihan yang efektif maka karyawan dapat bekerja dengan baik dan sukses pada jabatan yang ditekuni. Jika karyawan bisa bekerja dengan baik dan sukses pastinya keuntungan perusahaan, organisasi, ataupun lembaga yang bersangkutan bisa meningkat. 

OrangT Digital Training dengan berbagai fasilitas seperti audio, video, dan kolaboratif learning membantu perusahaan dalam melaksanakan training kognitif, psikomotorik, dan afektif. Fitur OrangT Digital Training juga membantu Perusahaan untuk melakukan evaluasi berkala dalam rangka menjaga dan meningkatkan kompetensi karyawan secara berkesinambungan. 

(Dikutip dari berbagai sumber)




Search News & Event


Search

LIST NEWS & EVENT