Apa itu Belajar Online?

Josua Manurung 2020-10-15

Sumber gambar : news.detik.com

Belajar online adalah serangkaian pengalaman instruksional dengan menggunakan jaringan digital untuk berinteraksi, belajar dan berdiskusi. Belajar online tidak memerlukan pertemuan tatap muka di lokasi fisik.

Istilah "e-learning" telah dilontarkan cukup banyak orang dalam beberapa tahun terakhir, namun banyak yang masih tidak menyadari apa arti sebenarnya dan bagaimana hal itu dapat membantu mereka meraih kesuksesan baik dalam kehidupan profesional dan pribadi mereka. Banyak platform teknologi pendidikan yang hanya sekedar mampu mengirimkan file, tapi sudah disebut sebagai belajar online. Padahal belajar online lebih dari pada itu.

Ketika membahas tentang pendidikan (education), model pelatihan class-room diterima sebagai hal yang wajar dan normal sampai awal tahun 2000-an, dimana peserta dan trainers berada di dalam satu ruangan yang sama. Kehadiran fisik adalah keharusan, dan jenis pembelajaran lainnya dipertanyakan efektivitasnya. Kemudian evolusi komputer dan internet terjadi yang secara radikal mengubah lanskap pembelajaran.

Intinya, belajar online, belajar elektronik (e-learning) adalah alat atau sistem pendidikan berbasis komputer yang memungkinkan Anda belajar dimana saja dan kapan saja. Di masa lalu belajar online disampaikan dengan menggunakan perpaduan metode berbasis komputer seperti CD-ROM, saat ini sebagian besar disampaikan melalui internet dan berupa video yang interaktif.

Belajar online yang bagus dan efektif harus menawarkan kemampuan untuk berbagi materi dalam semua jenis format seperti video, tayangan slide, dokumen word, excel dan PDF. Melakukan webinar (live online classes) dan instructor-led training adalah salah satu cara yang baik untuk berkomunikasi dengan trainers.

Dengan tools yang tepat, berbagai proses bisa dilakukan secara online seperti pemberian tes, sertifikat online atau pembuatan konten yang menarik. Belajar online memberi peserta training kemampuan untuk menyesuaikan pembelajaran dengan kesibukan masing-masing peserta, gaya hidup mereka. Ini memungkinkan orang tersibuk sekali pun untuk memperoleh ilmu (knowledge), keahlian (skills), yang mereka bisa gunakan untuk melanjutkan karir cemerlang mereka.

Baca juga: Efektifnya Elearning Untuk Meningkatkan Sumber Daya Manusia

Beberapa perkembangan terpenting dalam training telah terjadi sejak munculnya internet. Saat ini kita telah berpengalaman dalam penggunaan smartphone, pesan teks dan penggunaan internet sehingga berpartisipasi dalam dan menjalankan belajar online telah menjadi hal yang sederhana.

OrangT dengan berbagai fasilitas yang ada seperti audio, video, dan kolaboratif learning membantu Anda dalam belajar Online.

(Dikutip dari berbagai sumber)




Search News & Event


Search

LIST NEWS & EVENT